Zombie

Zombie adalah mesin server yang telah dikuasai sebelumnya oleh penyerang untuk menyerang mesin server target lain. Hal ini dilakukan agar jejak yang berupa IP address di internet dapat ditutupi oleh mesin zombie. Terdapat sebuah zombie pada dunia komputer yang bernama Zombie BotNet. BotNet menurut wikipedia merupakan sebuah istilah yang dapat diartikan sebagai sebuah komputer zombie yang dikontrol secara remote atau jarak jauh.
Mereka merupakan spam komputer dan juga gangguan pada internet peringkat pertama yang ada saat ini. Beberapa orang bahkan menyebutkan bahwa 50% komputer yang terhubung dengan internet telah terinfeksi dan merupakan bagian dari zombie botnet.
Lalu, bagaimanakah cara untuk menghentikan aksi mereka? Pencegahan adalah solusi yang paling tepat. Jika telah terinfeksi, maka cukup sulit untuk membersihkan lagi komputer Anda. Terkecuali jika Anda memformat / menginstal ulang komputer Anda tersebut. Berikut ini beberapa cara pencegahan yang dapat Anda lakukan:
1. Selalu update semua software milik Anda. Entah itu sistem operasi atau semua aplikasi keamanan yang terinstal pada komputer. Dengan begitu, sistem komputer Anda akan mampu mengenali dan menahan serangan gangguan-gangguan terbaru.
2. Hati-hati membuka email. Jangan pernah membuka lampiran dari email yang tidak Anda kenali sebelumnya.
3. Gunakan software firewall, anti virus dan anti spyware yang baik. Dan usahakan untuk mendownloadnya melalui situs terpercaya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Zombie"

Posting Komentar